7 Tips Memilih Bata Ringan yang Tepat untuk Bangunan Anda

7 tips memilih bata ringan yang tepat

Batu bata adalah salah satu bahan material bangunan wajib yang digunakan untuk konstruksi. Namun ketika sampai pada pemilihan jenis batu bata yang tepat untuk bangunan, banyak diantaranya yang bingung. Hal ini dikarenakan setelah dibangun dan berdiri, tidaklah mudah untuk mengubah atau menggantinya.

Batu bata secara tradisional menunjukkan material bangunan yang terbuat dari tanah liat, tetapi di jaman modern ini bisa berupa material yang digabungkan dengan adukan semen dan diolah menggunakan mesin pabrik bernama AAC (Autoclaved Aerated Concrete). Material batu bata tersebut adalah bata ringan. Bata ini merupakan hasil inovasi di bidang material bangunan dan cukup populer digunakan saat ini.

Hadirnya bata ringan sebagai material dinding merupakan salah satu keuntungan tersendiri bagi setiap orang yang akan membangun. Ini dikarekan memiliki berbagai kemudahan dalam proses pengaplikasiannya. Mulai dari kecepatan, kerapian, hingga efisiensi tenaga kerja.

Meski demikian, Anda perlu memilih bata ringan yang benar-benar tepat untuk bahan material bangunan, sebab ada banyak bata ringan, rusak, tiruan atau palsu yang memungkinkan dapat merugikan Anda di kemudian hari. 

Banyaknya bata ringan yang seperti itu tentu akan membuat kualitas bangunan Anda menjadi buruk. Nah, kali ini kami akan memberikan tips memilih bata ringan yang tepat untuk bangunan Anda agar tidak salah pilih. Simak penjelasannya di bawah.

Cara Memilih Bata Ringan yang Bagus dan Tepat

Material yang digunakan untuk dinding merupakan pondasi penting dalam konstruksi bangunan Anda. Kesalahan pemilihan bata ringan akan berdampak tidak baik untuk keberlanjutan bangunan. Inilah 7 cara memilih bata ringan bagus dan tepat yang bisa Anda lakukan.

1. Pilih Bata Ringan AAC

Bata ringan memiliki beberapa jenis, dan yang paling direkomendasikan adalah jenis bata ringan AAC. AAC adalah singkatan dari Autoclaved Aerated Concrete yang diproduksi dalam berbagai ukuran dan kekuatan. Bata ringan ini terbuat dari pasir silica, gipsum terkalsinasi, kapur, semen, air dan material pilihan lain yang telah diproses dengan teknologi tinggi.

Bata ringan ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan bata ringan Cellular Lightweight Concrete (CLC) jika dipasang pada bangunan Indonesia. Alasannya adalah karena memiliki tingkat kualitas yang berbeda.

2. Gunakan Produk Bata Ringan Resmi

Kedua, gunakanlah bata ringan yang resmi dan memiliki sertifikat. Hal ini berpengaruh dengan tingkat kualitasnya. Karena bata ringan yang memiliki sertifikat telah lolos uji coba, mulai dari ketahanannya hingga keamanannya.

Dengan demikian, bata ringan ini akan tahan terhadap cuaca ekstrim, guncangan, atau gangguan lain yang berpengaruh dengan tingkat daya tahan jangka panjangnya.

Untuk mencarinya, Anda bisa melihat pada embos bata ringan. Cara ini merupakan langkah mudah menemukan bata ringan yang resmi dan legal.

3. Pilih Bata Ringan yang Memiliki Warna Putih Bersih

Bata ringan yang memiliki kualitas baik adalah yang berwarna putih bersih. Seperti yang telah kami jelaskan pada poin pertama, bata yang bagus adalah bata ringan jenis AAC dan ini berwarna putih bersih.

Berbeda dengan bata ringan CLC memakai pasir biasa sebagai bahan bakunya sehingga berwarna abu-abu. Pasir silika tentu memiliki kekuatan yang lebih baik dalam hal ketahanannya.

4. Memiliki Tekstur yang Keras

Bata ringan yang bagus memiliki tekstur yang keras sehingga tidak mudah patah atau rusak. Hal ini bisa Anda cek terlebih dahulu saat membelinya dengan menggunakan besi atau paku. Cobalah tusuk dan jika tidak mudah tembus, artinya ini sangat bagus untuk Anda gunakan.

Karena bata ringan jenis AAC telah lolos uji coba dan terbukti kekuatanya sehingga tidak akan mudah ditembus oleh benda seperti itu.

5. Bentuknya Presisi

Salah satu keunggulan bata ringan adalah bentuknya yang presisi dan bersudut 90 derajat. Artinya, bata ini benar-benar memiliki bentuk presisi dibandingkan dengan jenis batu bata lain.

Ukuran bata ringan standar adalah memiliki panjang 60 cm, tinggi 20 cm sedangkan untuk tebal bervariasi, umumnya 7,5 cm atau 10 cm. Berikut ukuran umum :

– Standar

60 x 20 x 7,5 cm

60 x 20 x 10 cm

60 x 20 x 12,5 cm

60 x 20 x 17,5 cm

60 x 20 x 20 cm

– Jumbo

60 x 40 x 7,5 cm

60 x 40 x 10 cm

60 x 40 x 12,5 cm

60 x 40 x 17,5 cm

60 x 40 x 20 cm

Nah, jika Anda menemukan bata ringan selain ukuran di atas, maka dipastikan bata ringan itu adalah recutting atau tidak asli.

6. Cek Keaslian dengan Direndam Air

Jika untuk mengecek kekuatannya, Anda bisa menggunakan paku, maka untuk mengecek keasliannya adalah dengan cara direndam air.

Bata ringan yang asli akan terapung ketika direndam di air. Ini karena di dalam strukturnya terdapat gelembung-gelembung udara hasil reaksi kimia bahan dasarnya. Sifat bahan dasarnya bata ringan sedikit menyerap air yang pasti akan terapung ketika direndam air.

Jadi, jika Anda menemukan bata ringan yang tenggelam, sudah dipastikan itu palsu atau rusak.

7. Pilih Merek Bata Ringan yang Berkualitas

Tips memilih bata ringan yang tepat untuk bangunan Anda selanjutnya adalah dengan memilih merk produk bata ringan yang berkualitas. Ada banyak merk bata ringan yang beredar di pasaran Indonesia, namun hanya ada beberapa yang benar-benar memiliki kualitas.

Pilihlah bata ringan yang sudah terbukti memiliki kualitas dan banyak direkomendasikan oleh banyak pihak sehingga Anda tidak salah pilih.

Keputusan pemilihan merk tentu akan berdampak secara berkelanjutan, karena bisa saja akan merugikan Anda di kemudian hari. Jangan ragu untuk menanyakan pada kerabat atau orang terdekat Anda yang berpengalaman di bidang material bangunan.

Atau juga bisa dengan mencari rekomendasi bata ringan di internet. Hal ini dapat meminimalisir kesalahan dalam memilih merk bata ringan.

Nah, inilah tips memilih bata ringan yang tepat untuk bangunan Anda. Cermati lebih detail sebelum membeli agar tidak salah pilih material bangunan Anda.

Rekomendasi Bata Ringan yang Berkualitas

Seperti yang Anda ketahui, ada banyak merk bata ringan yang beredar di pasaran sehingga membuat Anda bingung untuk memilih yang mana, benar begitu bukan?

Karena itu, kami akan memberikan rekomendasi bata ringan yang berkualitas dan terbukti memiliki ketahanan yang kuat.

Salah satunya adalah bata ringan merk Citicon. Bata ringan yang telah terbukti memiliki ketahanan yang kuat dan bertahan lama. Baik untuk bangunan residensial ataupun komersial, bata ringan ini sangat cocok diaplikasikan.

Bata Ringan Citicon adalah sebuah hasil inovasi terbaru dari PT. Citicon Nusantara Industries. Berbahan dasar semen, pasir silika dan bahan material berkualitas lainnya menciptakan bata ringan yang bermutu tinggi.

Bata ringan ini memungkinkan untuk tahan terhadap berbagai cuaca ekstrim, dapat meredam suara, tahan panas api, dan bahkan guncangan gempa.

Dengan berbagai keunggulan ini, tentu akan sangat tepat jika diaplikasikan pada bangunan modern kini. Untuk mendapatkan produk bata ringan Citicon resmi, Anda bisa langsung menghubungi PT Nobel Bangun Perkasa untuk informasi lebih lanjut.

Butuh Bata Ringan Citicon Ori?

Klik Tombol Dibawah

Diterbitkan oleh @NBP-SUPPLIER

NOBEL BANGUN PERKASA-GROUP Adalah Perusahaan DISTRIBUTOR-SUPPLIER MATERIALS BUILDING MODERN & TOOLS yang berkantor pusat di kota Surabaya Dengan dukungan kantor cabang dikota : Madiun, Malang, Jember, Banyuwangi, Yogyakarta Dan Semarang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: